Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Alami & Cepat

Jerawat adalah permasalahan kulit yang lazim dialami oleh setiap orang khususnya bagi mereka yang memasuki usia remaja yang biasanya dikaitkan dengan gejala pubertas. Kulit yang berjerawat disebabkan oleh berbagai macam hal dan jika tidak dirawat dengan tepat maka akan terus berlanjut hingga menjadi penyakit kulit kronis.

Penyebab jerawat
Hingga saat ini penyakit kulit yang satu ini memang menjadi salah satu penyakit yang kadang benar-benar sulit untuk disembuhkan, bahkan tidak sedikit pula penderita jerawat yang merasa putus asa dan tidak ingin lagi berobat.

Beberapa penyebab jerawat yang sering dijadikan sebagai bahan perbincangan adalah :

Faktor genetik
Siapapun anda yang terlahir di keluarga yang memiliki riwayat penyakit jerawat maka kemungkinan besar hal tersebut juga akan anda alami dan sepertinya sangat sulit untuk disembuhkan. Terkait dengan faktor genetik yang memang diluar kuasa anda maka hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan dan kebersihan kulit serta segera menanggulangi jerawat yang muncul pada kulit dengan tepat yaitu dengan tidak memencetnya melainkan dengan menggunakan obat-obatan khusus agar nantinya jerawat mudah kemps dalam waktu singkat.

Faktor makanan
Alergi terhadap makanan juga bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan dan salah satunya juga akan muncul pada kulit wajah. Beberapa makanan yang dianggap menjadi sumber datangnya jerawat adalah kacang tanah, kacang almond, kacang mete yang notabene-nya semuanya memiliki kandungan lemak cukup banyak. Terkait dengan informasi tersebut Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu sebab ada juga beberapa orang yang tidak mengalami jerawat meskipun mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang banyak. Beberapa makanan lain yang menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah olahan seafood, seperti udang, lobster dan lain sebagainya.

Kosmetik
Inilah salah satu penyebab timbulnya permasalahan pada kulit yang salah satunya bahkan bisa menyebabkan kulit mengalami jerawat yang sangat sulit disembuhkan, karena seperti kita ketahui bahwa setiap kosmetik selalu mengandung bahan kimia yang mungkin saja kurang bagus jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Alih-alih mendapatkan wajah yang bersih, putih dan charming, penggunaan kosmetik yang keliru karena mengandung bahan-bahan berbahaya justru akan menimbulkan permasalahan berupa jerawat yang membandel.

Pengobatan jerawat
Sebenarnya setiap penyakit tentu ada obatnya meskipun mungkin sebelumnya Anda sudah sering berkunjung ke dokter spesialis kulit dan hanya mendapatkan harapan palsu, karena jerawat akan muncul lagi saat anda sudah tidak lagi berkunjung ke dokter bukan berarti langkah pengobatan harus dihentikan begitu saja.
Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan jerawat yang memang sudah terbukti membantu mengurangi jumlah jerawat yang menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi setiap orang.

• Memilih sabun pencuci wajah yang tepat
Untuk mengatasi permasalahan jerawat hal yang paling pertama harus anda perhatikan adalah sabun pencuci wajah yang anda gunakan karena dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang tepat maka sebum yang menyebabkan minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat akan berkurang dengan drastis sehingga nantinya secara otomatis juga akan mengurangi pertumbuhan jerawat maupun komedo.
Meskipun kulit berjerawat identik dengan wajah yang berminyak bukan berarti Anda harus menggunakan sabun pencuci wajah yang memiliki formula khusus untuk menguras minyak dalam kulit anda, karena hal yang demikian justru akan memperparah kondisi jerawat Anda sebab kulit anda akan justru mengalami iritasi.
Oleh karenanya pilihlah jenis sabun yang bersifat mengurangi minyak tanpa membuat kulit terasa kering, sabun yang demikian mungkin saja akan dijual dengan harga yang mahal karena memang memiliki efek yang positif jika anda gunakan secara terus menerus.

• Menggunakan Masker Kefir
Belakangan ini cukup marak pengobatan jerawat dengan menggunakan kefir, yaitu susu yang difermentasi dengan bakteri baik yang nantinya akan membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah. Banyak orang yang merasa terbantu saat menggunakan masker kefir, yang mana membuat kulit mereka terlihat lebih glowing, bebas minyak dan tentu saja bisa mengurangi pertumbuhan jerawat di permukaan kulit wajah.

• Memanfaatkan bahan-bahan alami
Sudah sangat banyak sekali informasi yang berkaitan dengan hal ini yaitu menggunakan bahan-bahan alami seperti tomat, jeruk lemon, jeruk nipis, madu, minyak zaitun, bawang putih, aloe vera dan mungkin masih ada banyak lagi bahan-bahan alami yang benar-benar bisa membantu mengurangi produksi jerawat pada kulit wajah anda. Meskipun memanfaatkan bahan-bahan alami tidak bisa memberikan hasil yang cepat tetapi anda juga bisa mencobanya untuk melakukan pengobatan secara alami di rumah secara rutin sebab pengobatan alami jauh lebih ekonomis dan juga lebih aman.

Cara menghilangkan bekas jerawat
Saat anda sudah bisa menyelesaikan permasalahan jerawat maka permasalahan kedua yang akan muncul adalah berupa bekas jerawat yang biasanya meninggalkan noda hitam atau bahkan menimbulkan scar atau jaringan parut.

Menghilangkan bekas jerawat sama sulitnya ketika Anda harus mengurangi jumlah jerawat yang tumbuh pada kulit anda. Sebab secara normal kulit akan melakukan regenerasi setiap 28 hari, dan jika bekas jerawat yang muncul pada permukaan kulit terlampau parah maka tentu saja dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kembali memuluskan permukaan kulit anda.

Untuk mempercepat proses pemulihan kulit yang terdapat noda bekas jerawat maka anda memerlukan bantuan produk-produk kecantikan kulit tertentu, yang secara efektif akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit anda tanpa merusak jaringan kulit sehingga tidak membuat kulit anda menjadi semakin tipis.
Disamping itu Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya digunakan sebagai komposisi utama pembuatan kosmetik pemutih wajah.

Bengkuang
Buah yang kaya akan kandungan air ini bisa digunakan untuk memutihkan kulit secara alami, selain itu juga akan memberikan efek lain berupa menghapus noda hitam bekas jerawat.

Jeruk nipis
Kandungan vitamin C yang sangat melimpah pada jeruk nipis bisa anda manfaatkan untuk menghapus noda hitam pada kulit, mengingat bahwa jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi dan bisa membuat kulit mengalami iritasi jika terlalu banyak diterapkan pada wajah, maka saat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda bekas jerawat akan lebih bagus jika dicampurkan dengan bahan lain seperti madu atau minyak zaitun.

Tomat
Buah yang juga berperan sebagai sayur ini memiliki kandungan vitamin C yang tak kalah tingginya dengan jeruk nipis tetapi sifatnya lebih ramah pada kulit sehingga tidak membuat kulit mengalami iritasi. Oleh karenanya Anda bisa menggunakan tomat sebagai alternatif lain jika anda kurang begitu yakin ketika hendak menggunakan jeruk nipis untuk menghapus noda hitam bekas jerawat.

Selain melakukan langkah-langkah tersebut diatas jika permasalahan kulit berjerawat dan bekas jerawat sudah terselesaikan maka langkah selanjutnya hanyalah membuat kulit anda tetap terjaga kebersihannya agar semakin sehat setiap harinya. Menggunakan produk-produk tertentu untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet juga sangat disarankan bagi pemilik wajah yang rentan mengalami jerawat.